Posted in Batik Art

Membuat Pola Batik

Kadang kala kita ingin mempunyai pola batik buatan sendiri, karena tidak puas dengan membeli batik selendang atau sarung dalam cetak tersedia.

 Kita bisa menghasilkan kain batik mereka sendiri. Ada beberapa hal yang diperlukan sebelum memulai proyek semacam itu. Anda akan membutuhkan kain, pensil untuk menarik keluar desain, lilin parafin dan kuas semacam.

Anda harus sudah memiliki desain dalam pikiran sebelum benar-benar menjiplak di atas kain. Jika Anda belum, silakan dan membuat sketsa kasar di selembar kertas sebelum menyelesaikan desain. Setelah desain telah ditentukan, sekarang saatnya untuk melacak ke kain batik pilihan Anda. Anda dapat menggunakan pensil, krayon atau alat tanda pilihan Anda.

Berikutnya, Anda akan membutuhkan lilin parafin meleleh. Parafin cat digunakan untuk daerah yang tidak akan dicelup, terutama desain dilacak Anda di antara lokasi lain. Teruskan dan cat lilin pada bidang pilihan Anda. Adalah penting bahwa lilin parafin menembus melalui kain sama sekali. Setelah selesai, biarkan lilin menjadi dingin sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

Kita sekarang akan mewarnai kain dalam warna yang telah ditetapkan. Untuk mencegah noda di area kerja, pergi ke depan dan menutupi area kerja dengan selembar plastik dan lain-lain Silakan menggunakan sarung tangan juga. Ambil kain batik dan menenggelamkan ke dalam pewarna untuk sekitar dua puluh sampai tiga puluh detik. Bilas dari pewarna dengan air. Jika intensitas warna yang diinginkan tidak mencapai, ulangi proses mencelup sampai tercapai.

Jika hanya satu warna yang diinginkan untuk Batik Fabric atau Batik Scarf, cukup mengikis lilin dan pekerjaan dilakukan. Jika lebih dari satu warna akan dicelup ke kain, ulangi proses waxing pada daerah dicelup untuk melindunginya dari pewarna masa depan.

Silahkan mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s