Posted in Batik Art

Tips dan Trik Merawat Batik

Perlakuan terhadap kain batik berbeda dengan kain textile pada umumnya. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan batik tradisional melalui prose pewarnaan yang cukup rumit. Maka agar kondisi kain batik tetap terawat dengan baik, maka ada beberapa tips yang bisa digunakan, yaitu : Cuci kain batik dengan air hangat dan menggunakan  lerak yang bisa didapatkan di toko batik. Apabila tidak ada lerak, maka bisa juga menggunakan shampo yang dilarutkan kedalam air sampai tidak ada yang menggumpal lagi. setelah itu celupkan batik kedalamlarutan, bilas, tiriskan (jangan diperas), dan digantung untuk mengeringkan (pada saat menjemur sebaiknya tarik bagian tepi kain agar serat kain yang terlipat kembali seperti sediakala).

  1. Pada saat mencuci batik jangan digosok dan jangan gunakan deterjen. Jika batik Anda tidak terlalu kotor maka Anda bisa mencucinya dengan air hangat. Tapi jika batik Anda terkena noda maka Anda bisa mencucinya cukup dengan sabun mandi saja. Akan tetapi jika nodanya masih membandel maka Anda bisa menghilangkannya dengan kulit jeruk pada bagian yang kotor saja. Janganlah mencuci kain batik dengan menggunakan mesin cuci.
  2. Jemur batik ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan biarkan mengering dengan sendirinya.
  3. Hindari penyetrikaan secara langsung, jika terlalu kusut Anda bisa semprotkan air di atas kain batik Anda lalu lapisi batik Anda dengan kain lainnya. Hal ini untuk menghindari kain batik Anda terkena panas langsung dari setrikaan. Juga lapisi batik dengan kain jika ingin memberikan pewangi saat menyetrika.
  4. jangan menyemprotkan minyak wangi atau parfum langsung diatas batik, terutama yang terbuat dari bahan sutera atau yang menggunakan pewarna alami.
  5. Sesudah disetrika sebaiknya Anda simpan batik Anda dalam plastik agar tidak dimakan ngengat. Sebaiknya Anda jangan memberi kapur barus karena zat padat ini terlalu keras sehingga bisa merusak kain batik Anda. Ada baiknya Anda beri merica atau lada yang dibungkus dengan tisu lalu masukkan dalam lemari pakaian Anda untuk mengusir ngengat. Atau Anda bisa menggunakan akar wangi yang sebelumnya Anda celup ke dalam air panas kemudian dijemur, lalu dicelup sekali lagi ke dalam air panas dan dijemur. Setelah akar wangi tersebut kering Anda baru bisa menggunakannya.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s