Posted in Batik Art

Batik tulis kok murah ?

Pertanyaan ini sering ditanyakan kepada kami oleh para calon pelanggan kami. Apa bener ada batik tulis semurah itu? Apa yang batik tulis itu cuma sebagian motifnya saja? itulah sederetan pertanyaan yang sering diajukan. Hal ini dikarenakan kami menawarkan batik tulis yang memiliki harga bervariasi dari kisaran 60 rb sampai 300 rb lebih. Seringnya kami harus mengulang-ulang jawaban dan meyakinkan calon pelanggan kami, bahwa memang ada batik tulis dengan harga segitu. Akan tetapi tidak semua langsung dapat mempercayainya, karena batik tulis di buat dengan cara menggambar satu demi satu motif di atas selembar kain dan membutuhkan waktu yang cukup lama (bisa berhari-hari) tergantung kerumitan motifnya. Hal inilah yang menyebabkan harganya mahal.

Nah lho…kok penjelasannya malah berbeda :)

Sebenarnya tidak salah penjelasan yang diatas, tetapi bukan berarti tidak ada batik tulis yang murah. Begini penjelasannya. Ada beberapa komponen yang bisa mempengaruhi harga batik tulis. Komponen utama yang mempengaruhi harga produksi adalah sebagai berikut :

  1. SDM, apabila biaya tenaga upah pembatik disuatu daerah tinggi maka harga jual batik secara otomatis akan mengikuti biaya produksi. Jangan lupa kalau pembatik adalah komponen utama dalam pembuatan batik tulis.
  2. Alat yang digunakan, alat untuk membatik dinamakan canting (semacam pena yang berisi malam) ada beberapa macam, ada canting besar dan kecil. Untuk membuat batik tulis dengan kualitas yang halus (harga mahal) biasanya menggunakan canting kecil, sedangkan pada batik tulis yang murah menggunakan canting berukuran besar. Ukuran canting dapat menentukan harga karena apabila dengan canting kecil maka pembatik akan menggambar motif lebih lama karena lebih detil sehingga berakibat biaya produksi naik.

Selain hal tersebut diatas ada beberapa hal lain yang biasanya dilakukan pengrajin batik untuk menekan biaya produksi, yaitu dengan menggunakan malam / kain dengan kualitas no 2, selain itu jumlah warna yang digunakan juga membedakan harga (coletan). Nah semoga dengan tulisan ini maka akan memberikan informasi kepada para pecinta batik, bahwa batik tulis juga bisa murah. Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s