Posted in Batik Art

50 Motif Batik Indramayu Miliki Hak Cipta

Sektor Industri merupakan salah satu sektor yang banyak di lirik masyarakat di era globalisasi saat ini. Oleh sebab itu Kabupaten Indramayu berusaha meningkatkan sektor Industri yang ada diwilayahnya. Sektor industri yang ada di Indramayu antara lain industri kerajinan dan agroindustri.

Industri kecil batik Indramayu merupakan salah satu industri kecil kerajinan yang cukup berkembang dan memiliki prospek investasi yang cukup menjanjikan. Indramayu memiliki motif batik klasik sebanyak 323 jenis motif, yang telah didaftarkan Hak Ciptanya 93 jenis motif dan sudah dapat hak cipta 50 jenis motif.

Batik Indramayu memiliki ciri khas pesisir, memiliki corak yang berbeda dengan batik daerah lain. Perpaduan antara kepercayaan, adat istiadat, seni dan lingkungan kehidupan daerah pesisir, ditambah lagi adanya pengaruh dari luar, seperti Cina, Arab dan Timur Tengah, serta Eropa. Sehingga terbentuk motif dan karakter batik tulis pesisir Indramayu.

Dengan keaneka ragaman jenis dan motif yang dimiliki maka pemerintah Kabupaten Indramayu perlu melindungi motif batik Indramayu dari kemungkinan peniruan dan pembajakan dari pihak lain yang merugikan. Langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan pendaftaran hak cipta motif batik Indramayu, dan sudah 50 motif batik yang telah mendapatkan hak cipta.

Langkah ini merupakan terobosan baru, karena motif batik tradisional Indonesia yang tidak diketahui lagi penciptanya dan sudah menjadi milik masyarakat (public domain) didaftarkan ke Ditjen HaKI Departemen Kehakiman guna mendapatkan perlindungan hukum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s