Posted in Batik Art

Rumah Batik @ Taman Pintar Yogyakarta

Selain playground, gedung oval, gedung memorabilia, gedung PAUD dkk, ada satu tempat di Taman Pintar yang cukup aseek untuk ‘dikunjungi’. Rumah Batik. Sesuai dengan namanya, di sini kita bisa belajar membatik. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp. 5000,-/orang kalo mau ikutan membatik, ‘n gratis kalo cuma pingin liat-liat doank -tiket bisa dibeli di ticket box-

“yuk membuat pola…”

Setelah menyerahkan tiket ke mbak/mas ‘penjaga rumah batik’, kita akan mendapatkan selembar kecil kain mori/kain putih (lk ukuran 14 cm x 14 cm). Pertama, kita disuruh gambar pola. Terserah kita mo gambar apa, bebas, suka-suka kitalahh… Selesai itu, kain ‘dijembreng’di atas kerangka kayu kotak. Mungkin maksudnya untuk mempermudah kita aja sewaktu melapisi pola dengan lilin/malam. Selanjutnya adalah melapisi pola yang sudah kita buat dengan lilin/malam, dengan bantuan alat yang namanya canting. Ini nich bagian yang menurutku pualing susah. Lapisan lilin/malam-nya harus tembus bagian belakang kain (kalo sampai ga tembus terpaksa nanti diulang dari bagian belakang), katanya sich kalo ga tembus sampai belakang nanti hasilnya kurang bagus. Kesulitan yang lain adalah karena belum terbiasa megang canting, jadinya lilin/malam sering netes, jadi totol-totol dech… Oya, bagian yang tertutup lilin/malam nantinya adalah bagian yang berwarna putih.

“melapisi pola dengan lilin/malam, uhh susahnya…”

Langkah selanjutnya adalah mewarnai. Lupa nanya pewarna apa yang dipakai, tapi yang pasti pewarna kain lah yaa… Trus kain yang sudah diwarnai tadi dijemur dech sampai kering. Sambil nunggu kering, jalan-jalan dulu ahhh… Kalo dah kering, proses selanjutnya adalah dicelup, kemudian ‘nglorot’(proses pelepasan malam) dan terakhir dijemur lagi/dikeringkan. Jadi dech… Hasil kreasi batik kita bisa dibawa pulang, buat kenang-kenangan.

Tertarik mo coba membatik?! Datang aja ke Rumah Batik @Taman Pintar Yogyakarta.

“ini dia hasil akhirnya… :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s