Posted in Galery Lasem

Legenda Dampo Awang (Wang Cing Hong)

Semarang memang pantas dijuluki kota klenteng, didaerah pecinan hampir disetiap pojok gang dapat dijumpai klenteng masing-masing dengan keistimewaannya sendiri. Nilai historis dan legenda akan kita jumpai bila kita menelusuri riwayat masing2 kelenteng.
Salah satunya kelenteng Sam Po Kong (orang Semarang bilang Gedong Batu), disamping terkenal dengan legenda keperkasaan Laksamana Cheng Ho (bahkan saat ini sudah di filmkan), klenteng ini juga menyimpan legenda Kyai Juru Mudi Dampo Awang (Wang Cing Hong).

Ketika saya masih duduk dibangku SD (Simongan) masyarakat sekitar Gedong Batu digemparkan dengan penemuan kapal Dampo Awang disumur salah satu rumah penduduk. Kalau gak salah, lokasi desanya waktu itu bernama Penggiling.

Waktu itu memang musim kemarau, sumur2 pada kering sehingga banyak penduduk yang memperdalam sumurnya untuk mendapatkan air.
Pada sumur salah satu penduduk, tiba-tiba ditemukan benda yang kemudian ternyata ujung sebuah kapal terbuat dari kayu, maka gemparlah penduduk sekitar.

Saya masih ingat betul, waktu itu juga ikut melihat sendiri sumur tersebut.
Pemilik rumah dan para tetangga memutuskan akan membongkar kapal tsb.
Tapi malamnya, pemilik rumah bermimpi bertemu dengan seseorang tua yang melarang pembongkaran kapal tsb, kalau kapal itu tetap diambil juga maka Semarang akan kembali menjadi lautan seperti dulu.

Konon, dulu memang kota bawah adalah lautan sedangkan pantainya adalah daerah bergota sampai candi (kota atas).

Maka si pemilik rumah ketakutan dan tidak jadi membongkar kapal itu.
Saat ini, kalau saya ke Semarang tidak tahu lagi dimana posisi sumur tersebut, karena Gedung Batu dan sekitarnya sudah sama sekali berubah, mungkin juga kena jalan layang dan jembatan Kaligarang.

Menurut anda, betulkah kapal tsb kapal Dampo Awang ? dan betulkah mimpi harus dipatuhi ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s