Posted in Batik Art

Batik Hasil Kebudayaan Indonesia

Budaya Asli Indonesia

 Budaya merupakan suatu yang berkembang dan dimiliki oleh masyarakat pada suatu wilayahtertentu yang biasa mereka lakukan dari waktu ke waktu. Dari budaya tersebut banyak unsur yang mencangkup dari sistem agama,politik, adat istiadat dan masih banyak lagi, yang tidak akan terpisahkan dari diri manusia dan terus diwariskan ke anak cucu sebagai jadi diri mereka. Bila kita mengenal budaya maka kita berbicara tentang kebiasaan di Indonesia yang kaya akan budaya dari setiap wilayahnya bersatu padu untuk menjadi bangsa yang menjaga teguh keanekaragaman yang diturunkan oleh nenek moyang kita.

Batik adalah salah satu kekayaan dunia sudah diakui oleh UNESCO

Bila kita bicara tentang budaya yang ada diIndonesia maka tidak akan ada habisnya, maka dalam pembahasan kali ini peran dari teknologi dalam budaya Indonesia. Desain grafis yang berkembang saat ini berperan penting seperti adanya software pembutan batik. Secara garis besar batik merupakan salah satu budaya yang ada diIndonesia yang perlu kita lestarikan.

Untuk mempermudah dari pengerjaan dari kain batik tersebut masih menggunakan manual dengan canting dan kompor kecil untuk membatik, dari setiap daerah kita mempunyai ciri khas pada seni batiknya sehingga pada setiap daerah kita mempunyai batik yang berbeda.

jBatik adalah perangkat lunak dengan kode sumber terbuka yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java (huruf ‘j’ pada jBatik menunjukkan hal ini) untuk membentuk pola batik berdasarkan pola-pola batik tradisional, dimana pola-pola batik tradisional diterjemahkan menjadi bentuk matematika fraktal yang dikenal dengan nama ‘Batik Fractal’ (fractal adalah Bahasa Inggris dari fraktal).Menurut pengembang jBatik, Pixel People Project. “jBatik adalah sebuah perangkat lunak open source, custom dikembangkan untuk mendesain Batik Fractal, Program berbasis Java.

Fraktal adalah benda geometris yang kasar pada segala skala, dan terlihat dapat ‘dibagi-bagi’ dengan cara yang radikal. Beberapa fraktal bisa dipecah menjadi beberapa bagian yang semuanya mirip dengan fraktal aslinya. Fraktal dikatakan memiliki detil yang tak hingga dan dapat memiliki struktur serupa diri pada tingkat perbesaran yang berbeda. Pada banyak kasus, sebuah fraktal bisa dihasilkan dengan cara mengulang suatu pola, biasanya dalam proses rekursi atau iteratif.

Sumber :

http://kacahati.wordpress.com/2009/10/02/jbatik-software-pembuat-batik/

http://graphic-culture.blogspot.com/2010/01/jbatik_15.html

http://wongtrusmi.blogspot.com/2010/05/how-to-batik-cara-membatik-tulis.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

http://www.fraktal.ee/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s