Posted in Galery Lasem

Potensi Pariwisata Embung Lodan

Setiap minggu pagi disekitar embung lodan ramai dikunjungi orang, baik rombongan sepeda dari berbagai daerah di Kabupaten Rembang maupun masyarakat sekitar yang melakukan aktivitas olah raga disekitar embung lodan. Namun kegiatan tersebut hanya dilakukan dalam waktu singkat karena tidak ada fasilitas hiburan yang mampu membuat para pengunjung embung lodan yang bertahan.

Setelah hari raya idul fitri tahun 2010, Bambang (50) bersama putranya Galih (25) warga sarang, membuka warung makan kampoeng Tri G2 dibagian selatan embung lodan. “Untuk perijinan kami sudah ijin PSDA dan dinas pariwisata,” ujar Bambang. Menurut Bambang pihak pengelolaan sumber daya air (PSDA) menyambut positif hal tersebut.

Bambang mengatakan sementara ini dia membenahi kampoeng Tri G2 melengkapinya dengan beberapa fasilitas. “Untuk tamu yang mampir ke tempat kami selain dapat memesan makanan ataupun minuman kami juga menyediakan bebek air (sepeda air) untuk berkeliling embung lodan dan alat pemancingan bagi yang gemar memancing,” kata Bambang. Bambang menambahkan untuk keselamatan pengunjung diberi pelampung selain itu ada tim SAR yang siaga setiap waktu.

Batu Bucu

Selain itu menurut Bambang jika pengunjung menginginkan berkeliling embung lodan dalam radius yang lebih jauh, pihaknya siap membantu. Menurut Bambang banyak obyek wisata disekitar Embung Lodan yaitu Meliwis, Goa Macan, Batu Bucu (Tumpeng) dan mata air Gumarang. Bambang menambahkan untuk Batu Bucu menurut legenda masyarakat setempat merupakan tempat muspra (hilang) mbah jangkrik dan sapinya oleh karena itu jika ada sapi yang tersesat ke daerah tersebut dapat dipastikan hilang dan akan ketemu lagi beberapa hari kemudian dalam keadaan hamil. “Anak sapi yang dilahirkan berwarna merah hal ini juga anggap sebagai asal muasal sapi gumarang,” terang Bambang.

Selain wisata air Bambang juga akan mengembang konsep agrowisata di pulau sekitar embung lodan. “kemarin kami mencoba menanam tomat tapi gagal, sekarang kami coba tanam kelengkeng musim panas tapi masih terkendala modal karena harga bibitnya masih mahal,.” Kata Bambang.

Sumber: http://cbfmrembang.wordpress.com/2010/10/18/mengembangkan-potensi-pariwisata-embung-lodan/

Lihat juga ini: http://sedanonline.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s