Posted in Galery Lasem

Nelayan Rembang Temukan Jangkar ”Dampo Awang”

Rembang, CyberNews. Nelayan Desa Gegunung Wetan Kecamatan Rembang Kota berhasil mengangkat sebuah jangkar besar berukuran 4 meter dengan berat sekitar 1 ton awal pekan lalu. Saking besarnya jangkar yang ditemukan, warga sekitar akhirnya menyebutnya sebagai jangkar Dampo Awang.

Rastim (38) warga Gegunung Wetan mengatakan, Selasa siang, dirinya sedang melaut di sekitar gugusan pulau karang Masaran yang berjarak sekitar 2,5 kilometer dari pantai. Mendadak ada nelayan yang berteriak karena jaringnya menyangkut benda berat. “Awalnya saya menduga jaring tersangkut karang. Kemudian saya berusaha menyelami untuk membebaskan jaring,” kata dia.

Alangkah kagetnya karena jaring ternyata menyangkut sebuah jangkar besar setinggi 4 meter. Diperkirakan usia jangkar sudah ratusan tahun. Lumut dan tumbuhan seperti karang menempel di sepanjang jangkar, sehingga bahan besi nyaris tak terlihat lagi.

Rastim kemudian meminta bantuan nelayan lain untuk membawa jangkar itu ke pantai. Setidaknya butuh 30 orang untuk mengangkat jangkar dari laut hingga ke tengah pemukiman warga Desa Gegunung Wetan.

Rastim mempersilakan kalau memang Pemkab Rembang akan mengamankan benda bernilai sejarah itu. “Namun kami harap ada upah angkut jangkar dari laut ke darat,” tandas dia.

Mendengar temuan jangkar raksasa yang delapan kali lebih besar dari jangkar biasa, ratusan warga dari berbagai penjuru desa langsung datang ke Gegunung Wetan. Tokoh nelayan desa Gegunung Wetan Kartono memprediksi di laut Rembang masih banyak menyimpan benda benda bersejarah.

Bahkan, kalangan nelayan kerap membicarakan kabar bahwa di dekat karang Masaran ada mitos jangkar emas yang sampai kini masih terus dicari.

( Mulyanto Ari Wibowo / CN26 / JBSM )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s