Posted in Batik Art

Ragam Batik Indonesia [Kenali dan Cintai]

Dalam rangka menyambut hari batik yang jatuh pada tanggal 2 Oktober ini, maka postingan kali ini akan membahas tentang beragam batik yang ada di Indonesia. Selain untuk menambah wawasan tentang batik batik yang ada di Indonesia, juga diharapkan bisa untuk menambah kecintaan kita terhadap batik yang telah menjadi warisan budaya Indonesia tercinta ini.

Batik (kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “tik” yang berarti titik / nitik. Kata batik sendiri merujuk pada teknik pembuatan corak dengan menggunakan canting atau cap yang telah berisi “malam” (wax) untuk menutupi pola atau motif yang telah digambar agar nantinya tidak terkena oleh pewarna kain saat pross pewarnaan berlangsung. Dalam bahasa Inggris teknik ini dikenal dengan istilah wax-resist dyeing. Jadi kain batik adalah kain yang memiliki ragam hias atau corak yang dibuat dengan canting dan cap dengan menggunakan malam sebagai bahan perintang warna.

Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.

Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam. Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang demikian kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisioanal dengan ciri kekhususannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s