Posted in Usaha Mikro

kiat sukses usaha bisnis

Salah satu hal yang membuat suatu bisnis Usaha kecil maju dan menuai hasil yang baik adalah pada perencanaan usaha yang matang. Salah satu kiat sukses bisnis berada pada  perencanaan  usaha yang didasarkan pada analisa terhadap beberapa faktor yang akan berpengaruh pada kelangsungan usaha bisnis yang dijalani.  Analisa bisnis ini memegang peranan yang cukup penting bagi usaha kecil.  Biasanya analisis terhadap faktor-faktor tersebut diabaikan oleh pelaku usaha kecil. Bisa dimaklumi bisnis usaha kecil biasanya dijalankan menurut “naluri”, meski banyak yang sukses berbisnis dengan cara tersebut namun alangkah baiknya jika dilandasi oleh analisa dan perencanaan yang matang, evaluasi perkembangan bisnis, perbaikan, inovasi, analisa persaingan usaha dan lain sebagainya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis usaha kecil, faktor tersebut berasal dari internal usaha kecil dan berasal dari eksternal bisnis. Salah satu pendekatan analisa yang biasa  dipergunakan dalam perencanan dan evaluasi suatu usaha termasuk bisnis usaha kecil adalah analisa SWOT (Strenght, Weakness, Oportunity, Threats). Dengan menggunakan analisa SWOT faktor eksternal dan internal sebuah bisnis bisa diidentifikasi dengan baik, sebagai pedoman untuk menentukan perencanaan strategis.

Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman yang terlibat dalam sebuah bisnis atau usaha. Analisa SWOT adalah alat analisa dalam menentukan tujuan bisnis usaha dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang baik dan tidak baik untuk mencapai tujuan tertentu. Analisa SWOT dapat diterapkan untuk menganalisis kelangsungan bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sebuah bisnis usaha kecil akan memiliki landasan yang kokoh untuk menaiki tangga kesuksesan , jika direncanakan dengan matang melalui beberapa analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah usaha.

Sebelum memutuskan untuk membangun bisnis usaha kecil anda, ada baiknya dipertimbangkan beberapa hal yang berkaitan dengan lingkungan sekitar bisnis dan juga sisi internal diri kita. Dengan pendekatan analisa SWOT  ini akan cukup membantu menentukan langkah bisnis selanjutnya. Kiat sukses bisnis dengan melakukan analisa bisnis dengan pendekatan Swot ini cukup membantu suksesnya sebuah bisnis. Analisis ini telah banyak digunakan dan teruji dalam berbagai bidang bisnis.

Diagram Analisa SWOT

Analisis SWOT terlebih dahulu harus dimulai dengan mendefinisikan apa yang dikehendaki atau tujuan akhir suatu usaha bisnis. Analisis SWOT dapat dipergunakan sebagai bahan untuk melakukan perencanaan strategissuatu usaha bisnis UKM. Analisis SWOT  didasarkan pada faktor-faktor kekuatan kita, kelemahan kita,peluang yang ada di luar dan seberapa besar kekuatan pesaing. Dengan mempertimbangkan beberapa hal berdasarkan analisa SWOT dapat ditentukan dan diprediksikan perkembangan usaha bisnis. Jika tujuan tidak tercapai harus ditentukan tujuan lain yang lebih rasional atau proses diulang kembali.

Dalam kelangsungan usaha bisnis , ada dua hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan usaha. Pertama Faktor Internal dan Kedua Faktor eksternal. Analisa SWOT dipergunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang penting dalam mencapai tujuan. Faktor Internal ; kekuatan dan kelemahan internal organisasi bisnis . Faktor eksternal ; ancaman dan peluang yang ada pada lingkungan eksternal organisasi bisnis. Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan yang kita miliki, segera melakukan antisipasi agar kelemahan tersebut tidak menimbulkan kegagalan suatu usaha. Setelah dianalisa kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh bisnis kita, sedapat mungkin kita segera mengambil langkah-langkah untuk menanggulangi kelemahan tersebut. Contoh sederhana, jika kelemahan kita adalah pada faktor produksi yang lamban karena alat produksi yang sudah cukup udzur tentu harus diatasai dengan mengganti alat produksi yang lebih baru. Atau melakukan modifikasi alat yang lebih efisien dan efektif.

Kekuatan yang kita miliki adalah potensi yang perlu ditonjolkan dan dijadikan modal mencapai keberhasilan. Misalnya kita memiliki produk yang memiliki kualitas di atas rata-rata produk sejenis, ini bisa dipergunakan sebagai bahan dalam pendekatan promosi.  Peluang sama halnya dengan Kekuatan merupakan hal positif dari sisi luar yang perlu ditangkap dan dijadikan landasan untuk menjalankan roda bisnis. Salah satu contoh, misalkan ada peluang pasar permintaan terhadap suatu produk sangat besar. Ini adalah peluang yang perlu segera ditangkap untuk dijadikan ladang bisnis kita.

Banyaknya peluang suatu usaha sudah pasti akan diikuti dengan banyaknya pesaing yang bergerak dalam bisnis yang sama. Hal ini memunculkan ancaman bagi usaha kita. Ancaman pesaing semacam ini perlu diantisipasi dengan beberapa langkah. Misalnya dengan meningkatkan mutu produk, variasi produk atau metode pemasaran yang lebih baik. Sedapat mungkin kita meminimalkan kelemahan dan ancaman tetapi memperkuat kekuatan dan potensi.

Pendekatan analisis SWOT membantu kita mengetahui potensi diri kita , kekuatan, kelemahan sekaligus peluang dan ancaman yang ada di sekeliling bisnis kita. Dengan begitu kita bisa melakukan rencana strategis terhadap bisnis kita. Melakukan analisis SWOT merupakan salah satu Kiat Sukses Bisnis yang bisa ditempuh.(Galeriukm)

Related posts:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s