Posted in Batik Art

Beberapa Tipe Batik Yang Ada di Indonesia

Apakah Anda tahu batik? Ya, itu salah satu seni yang paling indah di kain yang dapat Anda temukan di Indonesia. Pakaian batik memberikan beberapa pola, alam yang indah dan tradisional. Tapi, batik juga dapat digunakan untuk membuat pakaian Anda terlihat elegan. Sebenarnya, jika Anda menerapkan batik dalam beberapa cara, Anda dapat menciptakan tampilan yang Anda inginkan. Oleh karena itu, seni lukis pada kain perlu kita lindungi. Di Indonesia, batik awalnya diciptakan untuk pakaian keluarga kerajaan. Tapi, itu di masa lalu. Hari ini, batik bisa ditemukan di banyak media, dari pakaian, t-shirt dengan kemasan produk. Jika Anda melihat pola pada seni batik, Anda akan menemukan banyak jenis dari mereka. Tapi, sebenarnya ada perbedaan antara gaya yang digunakan pada seni batik dengan tujuan pakaian di mana batik ditempatkan.

Jenis pertama dari batik Kraton. Ini motif batik yang digunakan untuk keluarga kerajaan yang tinggal di “Keraton” atau istana dalam bahasa Jawa. Jenis batik yang menggunakan pola geometris. Pola ini melambangkan kebijaksanaan dan pemikiran spiritual yang tinggi. Dan seperti disebutkan sebelumnya, jenis batik ini digunakan oleh keluarga kerajaan. Jika rakyat jelata berani memakai pola ini, mereka akan dihukum. Untungnya, aturan tersebut sudah seratus tahun yang lalu. Saat ini, kita bisa memakai jenis batik ini dan jenis batik lain yang kita sukai. Tidak perlu khawatir tentang hukuman. Di Jawa ada dua jenis Batik Kraton. Ada Batik Surakarta yang menggunakan pola warna coklat dan biru nila dan Batik Yogyakarta yang juga menggunakan coklat dan biru nila, namun, sudah ada beberapa bagian yang tersisa di putih.

Jenis berikutnya adalah Batik Pesisiran. Ini kombinasi antara jenis Kraton dan motif flora fauna. Ini mendapatkan pengaruh besar dari pedagang Cina yang datang ke Indonesia. Oleh karena itu, pola juga memiliki beberapa rasa oriental di dalamnya. Ada juga Batik Saudagaran. Ini batik yang digunakan oleh pedagang sebagai produk yang mereka jual. Menggunakan jenis batik Kraton dikombinasikan dengan flora, fauna dan motif angka.

Dan jenis terakhir batik adalah Batik Petani. Ini adalah pakaian batik dan gaya yang dipakai oleh rakyat jelata. Sebagian besar batik ini tidak sempurna seperti jenis lain dari batik. Tapi, murah dan karena itu, banyak orang di masyarakat tingkat rendah mampu dan memakainya. Tidak seperti jenis Kraton, jenis ini dianggap hanya sebagai “pakaian”. Jadi, tidak menunjukkan status seseorang yang memakainya. Oleh karena itu, dapat digunakan oleh setiap orang yang mencintai baju batik. Seluruh aturan mengenakan batik dan juga banyak jenis batik yang disebutkan di atas hanya ada di masa lalu. Saat ini, ketika batik dikenal luas tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia, orang bisa mendapatkan jenis yang mereka inginkan. Dan bahkan, banyak seniman batik telah berhasil menciptakan tipe dan pola yang baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s