Posted in Batik Art

Sentra Batik Tulis Lasem

Batik merupakan salah satu warisan budaya di Indonesia. Keunikan dan cara pembuatan yang khas membuat batik sangat digemari oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun manca negara, bahkan akhir – akhir ini banyak negara luar yang meniru bahkan mengklaim bahwa corak batik tertentu adalah milik mereka.

Seperti halnya daerah lain di Indonesia, Kabupaten Rembang juga mempunyai warisan nenek moyang satu ini. Batik tulis Lasem begitu orang menyebutnya. Ciri khas dari batik tulis Lasem adalah motif pesisiran dengan corak yang unik yaitu warna dominan adalah merah dan biru. Berbagai motif juga sudah dikembangkan untuk menambah corak, warna dan keunikan batik tulis Lasem diantaranya adalah Motif Naga Kricak, Selendang sekar jagat Violet, Lerek gunung ringgit letohan dan masih banyak lagi motif – motif lainnya.

batik tulis lasempajangan batik lasem

Sentra batik tulis Lasem terdapat di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Lasem dan Pancur jumlah unit usaha mencapai 1.175 unit usaha dan dapat mencakup 1.596 orang tenaga kerja dengan kapasitas produksi mencapai 38.938 potong per tahun. Untuk melihat – lihat atau membeli batik tulis Lasem anda tidak perlu mengunjungi satu per satu tempat kerajinan tersebut cukup anda ke Show room Batik Tulis Lasem Kabupaten Rembang yang terdapat di bekas kantor kecamatan Lasem Jl. Raya Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang anda dapat melihat hampir seluruh koleksi batik tulis Lasem. (DN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s