Posted in Batik Art

Pecinta Batik Dari Negri Sakura

Sosok Eiko Adnan Kusumah memang perlu diacungi jempol. Seorang wanita keturunan Jepang ini secara konsisten mempelajari dan mengkoleksi kain batik di Indonesia selama lebih dari 35 tahun. Sungguh suatu dedikasi untuk seni batik yang mengagumkan, mengingat dia sendiri bukanlah orang Indonesia Asli.
Semula Eiko mengenal batik dari kain pembungkus keramik yang dikirimkan dari Jawa ke Jepang. kemudian dia berfikir bagaimana mungkin kain yang begitu indah hanya dipakai untuk pembungkus, maka Eiko pun mulai mempelajari batik dan jenisnya.
Eiko memiliki lebih dari 1400 lembar kain dari berbagai penjuru Indonesia hingga ke pedalaman. Eiko lebih suka mempelajari dan mengkoleksi batik peisiran karena meurutnya lebih bebas dibanding batik motif keraton yang penuh dengan filosofi dan aturan-aturan. Koleksi Eeiko tidak kalah dari koleksi museum yang ada di Indonesia. dia bahkan memiliki koleksi batik zaman penjajahan Belanda yang berusia sekitar 150 tahun. Untuk perawatan kain- kain ini Eiko membungkus kain batik dengan kertas pembungkus kimono, yang diharapkan dapat mengurangi kelembaban udara. Koleksinya ini bahkan sering pula dipamerkan baik di musem Indonesia maupun museum yang berada di Jepang.
sebagai orang Indonesia yang bangga akan seni dan tradisi bangsa kita, seharusnya kita tidak boleh kalah dari Eiko.

Mari bersama kita melestarikan budaya dan kesenian bangsa kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s